Warehouse Management

1. Pengertian Warehouse

Suatu tempat atau bangunan yang digunakan untuk tempat menyimpan barang-barang. Gudang berfungsi sebagai tempat menyimpan dan memelihara barang-barang yang disimpan di dalamnya. Selain itu gudang dapat pula digunakan sebagai tempat mengolah, menyortir, membungkus, dan mengepak barang-barang yang akan dijual ataupun dikirim. Perusahaan harus menyimpan barang jadinya sampai terjual. Fungsi penyimpanan diperlukan karena siklus produksi dan konsumsi jarang bisa sesuai. Banyak komoditi diproduksi musiman, sedangkan permintaan berjalan terus menerus. Fungsi penyimpanan mengatasi perbedaan dalam jumlah yang diinginkan dan waktunya.

Perusahaan harus memutuskan jumlah lokasi penyimpanan yang diinginkan seperti di kawasan industri dan pergudangan eksklusif dengan penghijauan. Semakin banyak tempat penyimpanan berarti barang dapat dikirimkan ke pelanggan lebih cepat. tetapi biaya pergudangan akan meningkat. Jumlah lokasi penyimpanan harus menyeimbangkan antara tingkat pelayanan pelanggan dan biaya distribusi.

Sebagian persediaan disimpan di atau dekat pabrik, dan sisanya di gudang-gudang di seluruh pelosok negeri. Perusahaan mungkin memiliki gudang pribadi dan menyewa tempat di gudang umum. Perusahaan memiliki pengendalian yang lebih baik pada gudang miliknya sendiri, tetapi modal mereka tertanam dan kurang fleksibel jika lokasi yang diinginkan berubah. Sedangkan gudang umum membebankan biaya atas tempat yang disewa dan memberikan pelayanan tambahan (dengan biaya tertentu) untuk memeriksa barang, melakukan pengemasan, pengiriman dan penagihan. dengan menggunakan gudang umum, perusahaan memiliki banyak pilihan lokasi dan jenis gudang, apakah yang khusus penyimpanan yang dingin, hanya komoditi dan lainnya.

2. Fungsi

a. Fungsi Penyimpanan.

Merupakan fungsi paling mendasar dari gudang adalah tempat penyimpanan barang, Tujuan dari Warehouse Manajeman adalah bagaimana menggunakan ruang (space) seoptimal mungkin untuk menyimpan produk dengan biaya tertentu.

b. Fungsi Melayani Permintaan Pelanggan.

Memenuhi permintaan dari pihak transportasi atau pelanggan menjadikan gudang sebagai fokus aktifitas logistik. Gudang berperan menyediakan pelayanan dengan menjamin ketersediaan produk dan siklus order yang reasonable. Dengan menyimpan stok dalam jumlah tertentu, akan membantu melayani permintaan pelanggan yang fluktuatif.

c. Fungsi Distribusi Dan Konsolidasi.

Barang yang telah di simpan agar sampai ke tangan
pelanggan harus melalui proses distribusi. Yaitu mengatur dan menjamin agar barang yang dikirim, benar-benar sampai ke tangan pelanggan dengan baik. Artinya, pelanggan menerima barang sesuai pesanannya tanpa ada yang kurang, tanpa ada yang salah ambil, dll. Untuk menjamin itu semua, gudang perlu mengadakan konsolidasi. Artinya, akan ada proses pengambilan barang, pengecekan dan pengepakan. Konsolidasi yang baik sangat berperan agar distribusi kepelanggan benar-benar sempurna.

3. Alasan Diperlukannya Warehouse

Terdapat beberapa alasan gudang diperlukan dalam kegiatan logistik, yaitu :

  1. Transportation-Production Cost Reduction
  • Gudang mempunyai peranan penting di dalam proses pengendalian dan pengurangan biaya transportasi dan produksi gudang  akan mempunyai peran di dalam menekan biaya transportasi maupun produksi.
  • Pembelian barang pada suatu partai tertentu dengan jumlah dibawah kapasitas muatan alat angkut akan menyebabkan tingginya biaya angkut yang harus ditanggung oleh nilai barang dalam setiap unitnya.
  • Untuk menekan biaya per unit angkutan tersebut minimal harus dibeli sebanyak volume kapasitas muatan alat angkutan, sehingga akan diperoleh biaya per unit yang relatif rendah namun disisi lain terdapat konsekuensi timbulnya persediaan barang akibat pembelian yang berlebih.
  1. Coordination of Supply And Demand 
  • Gudang berfungsi salah satunya adalah sebagai unsur koordinasi antara penawaran dan permintaan, volume permintaan tidak selalu dapat diproyeksi secara relatif akurat sedangkan proses produksi harus dilakukan.
  • Untuk menghasilkan suatu volume  tertentu. Permintaan pasar dapat terjadi secara berfluktuasi sedangkan penawaran, dalam hal ini proses produksi, akan menghasilkan volume relatif konstan, sehingga diperlukan gudang sebagai tempat penyimpanan pada saat volume produksi meningkat, dan permintaan pasar menurun.
  1. Production Needs
  • Proses produksi untuk barang-barang dengan klasifikasi dan karakteristik tertentu membutuhkan gudang untuk menekan biaya produksi maupun untuk melengkapi proses akhir produksi barang.
  • Untuk barang-barang dengan klasifikasi tertentu memerlukan waktu simpan agar memperoleh barang dengan kualitas lebih sempurna, sebagai contoh keju, anggur.
  • Barang-barang lain yang memerlukan gudang untuk proses akhir sesuai dengan klasifikasi dan karakteristiknya adalah barang yang harus dirakit (assembling) untuk penyempurnaan proses akhir produksi.
  1. Marketing Considerations
  • Barang dengan tipe, klasifikasi dan karakteristik tertentu menuntut harus siap tersedia di pasar, agar pasokan barang tersebut dipasar tidak terhenti.
  • Untuk itu diperlukan gudang yang relatif dekat dengan pasar sebagai media untuk mempercepat proses pendistribusian guna memenuhi kebutuhan pasar.

 4. Manfaat Warehouse

Keempat alasan utama perlunya gudang tersebut memperlihatkan bahwa terdapat dua manfaat penting yang diperoleh dari keberadaan gudang :

  • Manfaat waktu yang didapatkan adalah bahwa barang akan memberikan keuntungan lebih apabila barang tersebut disimpan digudang dan dikeluarkan ke pasar pada saat yang tepat.
  • Manfaat bentuk diperoleh apabila pada saat menunggu digudang dilakukan proses perakitan sehingga dari sisi bentuk, barang tersebut akan memberikan manfaat lebih kepada konsumen.

5. Kegunaan Gudang
Dalam proses rantai pasok (supply chain), gudang pada dasarnya memiliki empat kegunaan, yaitu  :

  • Inbound consolidation, dimana barang-barang yang akan diproses dikonsolidasikan terlebih dahulu di dalam gudang sebelum masuk ke dalam proses produksi.
  • Goods In Process (product mixing), selama proses produksi untuk menghasilkan produk akhir, dari pabrik-pabrik dilokasi yang berbeda dikonsolidasikan di dalam suatu gudang untuk dirakit terlebih dahulu sebelum didistribusikan ke pasar.
  • Outbound Consolidation, barang-barang yang diproduksi di pabrik-pabrik yang terletak dilokasi yang berbeda, dikonsolidasikan sebelum diserahkan kepada para pelanggan.
  • Outbound Dispertion (break bulk), barang-barang yang telah dihasilkan disuatu pabrik dimasukkan ke gudang untuk dibagi-bagi ke dalam volume yang lebih kecil sebelum didistribusikan ke pasar atau ke para pelanggan.

6. Contoh (Warehouse AQUA)

Balina Agung Perkasa adalah perusahaan distributor air minum dalam kemasan (AMDK) yang fokus pada pengiriman barang dari gudang ke pelanggan (outlet), sehingga pelayanan yang cepat, tepat dan berkualitas adalah perhatian utama kami.

Lebih dari 60.000 pelanggan yang terdiri atas berbagai jenis macam usaha mulai dari Hotel, Restaurant, Industri, perkantoran dan perumahan. Untuk melayani banyaknya pelanggan tersebut kami mempunyai banyak cabang untuk melayani pelanggan. Sesuai dengan Moto kami : Q  &  Q (Quantity & Quality) : Artinya berupaya mencapai suatu target yg tinggi dengan dibarengi kualitas pelayanan yang baik berlandaskan pada nilai-nilai budaya dasar yg dianut perusahaan.

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Nilai – Nilai budaya dasar perusahaan (Core Value) PT Balina Agung Perkasa adalah :

-> Integrity :

  • Kepribadian yang jujur dan dapat dipercaya serta berpegang teguh pada sebuah prinsip yang dinilainya benar.

-> Customer Oriented :

  • Mengerahkan seluruh kemampuan diri (pikiran dan tenaga) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
  • Pelanggan adalah raja.

-> Excellence (of highest quality) :

  • Menjalankan tugas lebihbaik dari orang lain dan dari yang sebelumnya untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.
  • Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

-> Team Work :

Keterpaduan/kebersamaan dalam melakukan sesuatu demi tercapainya suatu tujuan bersama (Perusahaan).

7. Kesimpulan (Optional)

Gudang dibutuhkan di dalam proses koordinasi penyaluran barang, yang muncul sebagai akibat kurang seimbangnya proses supply (penawaran) dan demand (permintaan). Kurang seimbangnya antara proses penawaran dan permintaan tersebut mendorong munculnya inventori (persediaan), persediaan membutuhkan ruang sebagai tempat penyimpanan sementara yang disebut sebagai gudang.

 

DAFTAR PUSTAKA

Abdillah, L. A. (2017). Business Modeling – Supply Chain Management.  Retrieved from http://blog.binadarma.ac.id/mleonaa/teaching/business-modeling-supply-chain-management/

Firdaus, O. M., Hartati, V., Prambudia, Y., & Saptadi, S. (2015). Supply Chain Management.

Simchi-Levi, D., Simchi-Levi, E., & Kaminsky, P. (1999). Designing and managing the supply chain: Concepts, strategies, and cases: McGraw-Hill New York.

Sudianto, E., Abdillah, L. A., & Andryani, R. (2013, September). Analisis dan perancangan e-supply chain management pada distribusi karet olahan. Paper presented at the Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi V 2013 (Semnastik2013) Hotel Aryaduta, Palembang.

Suwanda, Roy. (2013). Supply chain Management – Warehouse. Retrieved from https://plus.google.com/105301083530045460158/posts/caNU4hjXJZL/

Tnunay, Rina.(2013). Logistics, SCM, DM, and Aquaculture. Retrieved from https://rinatnunay.com/2013/07/03/apa-itu-supply-chain-management-scm/

Trisna,Denny.(2013). Pergudangan (Warehousing). Retrieved from http://www.rantaipasok.com/2012/12/pergudangan-warehousing.html

PT.Balina Agung Perkasa. Retrieved from http://balina.co.id/index.php/about-bap/25-company-profile/46-welcome-to-bap.html

Kho,Budi. (2016). Pengertian Supply Chain Management (Manajemen Rantai Pasokan). Retrieved from http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-supply-chain-management-manajemen-rantai-pasokan/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s